6 Tips Aman Menggunakan Taksi

Akhir-akhir ini kita dikejutkan oleh berita atas kejahatan yang terjadi di dalam taksi di Jakarta, yaitu adanya orang yang diam di dalam bagasi mobil dengan tujuan untuk merampok penumpang yang naik taksi tersebut. Meskipun belum terjadi di Bandung, tidak ada salahnya bila kita berjaga-jaga.

Berikut kami uraikan 6 tips aman menggunakan taksi :

1. Pesan melalui telepon

Usahakan memesan taksi melalui telepon karena identitas supir dan kendaraannya sudah pasti sesuai. Untuk perusahaan taksi yang telah memasang GPS, keberadaan Anda juga akan terdeteksi sehingga lebih aman.

2. Gunakan yang terpercaya

Apabila menghentikan taksi di jalan, gunakanlah taksi dengan brand yang telah dikenal akan keamanan dan profesionalitasnya, karena di perusahaan-perusahaan tersebut, hanya supir yang telah memenuhi syarat dan standar tertentulah yang diperbolehkan mengoperasikan taksi. Taksi yang terpercaya juga biasanya mencantumkan nomor customer care untuk menampung keluhan-keluhan dari konsumen. Di AA Taksi, kami menyebutnya nomor kritik dan saran (tercantum di belakang kursi depan sebelah kiri). Anda dapat menghubunginya di : 085 101 303 777

3. Periksa kartu Identitas Pengemudi

Begitu Anda naik ke dalam taksi, pastikan taksi tersebut dilengkapi dengan kartu identitas pengemudi dan cocokkan apakah foto di kartu identitas tersebut sama dengan muka supir, tujuannya untuk menghindari supir "tembak". Biasanya Kartu Identitas Pengemudi terdapat di dashboard taksi. Setelah itu, catat nama supirnya, dan tak ada salahnya jika Anda bertanya langsung mengenai identitas supir tersebut untuk memastikan bahwa identitasnya sesuai dengan kartu.

4. Mencatat nomor pintu

Catat nomor taksi yang Anda naikki. Jika Anda sendirian, beritahu keluarga ataupun teman dekat nomor pintu taksi yang Anda naiki serta nama supirnya untuk berjaga jaga. Mencatat nomor pintu juga dapat memudahkan penumpang untuk mencari barang yang tertinggal di taksi. Di AA Taksi, nomor pintu terdapat di kaca belakang, kaca depan, pintu sebelah kiri dan kanan, dan di bagian depan (dashboard) mobil.

 

 

5. Perhatikan posisi duduk

Duduklah di sisi yang berlawanan dengan supir agar kita dapat melihat gerak-gerik supir.

6.  Jangan tertidur

Walaupun Anda sangat lelah dan sudah percaya dengan taksi yang Anda naiki, usahakan jangan pernah tertidur untuk memastikan rute jalan yang dilalui telah benar dan sesuai.